Google+ Followers

Selasa, 30 Oktober 2012

Firman Allah SWT tentang kematian. "(Allah) Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya." (Q.S :67:2)
Ingin membaca contoh-contoh nasehat yang diriwayatkan dari Imam Ali a.s yang menurut saya bisa disebut sebagai kata-kata mutiara yang penuh kebijaksanaan.
Diriwayatkan dari Imam Ali a.s. "Aku tidak pernah melihat keimanan bersama keyakinan seperti halnya keraguan pada manusia. Sesungguhnya dia setiap hari dipanggil ke kubur dan akan menemani. Dari tipuan dunia dia kembali, tidak terlepasdari nafsu syahwat dan dosa. Andaikan anak adam yang miskin tidak memiliki dosayang menghambatnya, tidak ada perhitungan baginya kecuali hanya kematian mencerai-berai kesatuannya, anakmenangisinya, sudah selayaknya dia waspada dari kesusahan dan kepayahan."
Diriwayatkan dari Imam Ali a.s. "Aku heran pada siapa yang lupa akan kematian, sedang dia selalu melihat orang mati."
Masih dari Imam Ali a.s.
"Kematian ada pada setiap nafas" (Ghurarul Hikam : 6455)
"Kematian ada pada setiap waktu" (Ghurarul Hikam : 6456)
"Ajal ada pada setiap saat" (Ghurarul Hikam: 6457)
"Hembusan nafas adalah jalan menuju ajal." (Nahjul Balaghoh ; hikmah, 74)
Dari wasiatnya kepada putranya Hasan a.s :"Ketahuilah wahai anakku, kamu diciptakanuntuk akhirat tidak untuk dunia, untuk kematian bukan untuk kehidupan, kamu berada di benteng, di tempat penyambung kehidupan dan jalan menuju akhirat, dan kamu adalah buruan kematian tidak akan selamat yang lari darinya, tidak akan lari bagi yang memintanya, dan dia harus menemuinya, jadilah kamu selalu waspada jika dia menghampirimu dalam keadaan jelek (belum berbuat baik), hendaklah ejak dia berdialog melalui tobat, hingga akan terjadi pertemuan antara engkau dengannya sedangkan pada saat itu engkau berhasil mengalahkan nafsumu". (Nahjul Balaghah, kitab 31).
"Setiap yang dihitung akan selesai, dan setiap yang dinanti akan datang". (Al-bihar :73/128/131)
"Kematian telah diikat di ujung ubun-ubun kalian, dan dunia telah terlipat di belakang kalian." Kematian lebih pasti dari bayangan kalian, dan lebih memiliki jiwa-jiwa kalian.
Kata-kata mutiara islami tentang kematian masih dari Imam Ali a.s.
"kalian adalah buruan kematian, jika menghadapinya dia akan mengambil kalian,jika lari akan mendapati, dia lebih pasti dari bayangan kalian, kematian telah diikat di ujung-ujung ubun-ubun kalian".
"Setiap makanan menghangatkan, setiap biji-bijian (tumbuhan) dapat dimakan, dan kamu adalah makanan kematian".
"Wahai manusia setiap orang akan berjumpa dengan apa yang dihindarinya, kemanapun dia berlari maka ajalpun akan datang menemuinya"
"....Ia telah mewajibkan kepada dirinya bahwa tak ada rangka dimana ia memasukkan nyawa akan bergerak, melainkan bahwa kematian adalah tempat yang dijanjikan kepadanya dan kehancuran(adalah) akhir kesudahannya."
"Waspadalah wahai hamba Allah akan kematian dan kedekatannya, dan siapkanlah apa yang layak baginya, karena dia akan datang dengan masalah besar, berita yang jelas, kebaikan yang tidak akan tercampur, atau kejelekan yang tidak tercampur dengan kebaikan, akan dekat dengan surga siapa yang berbuat karenya !akan dekat dengan neraka siapa yang berbuat karenya."
"Setiap kehidupan adalah kematian."
"Kematian adalah pengadilan akhirat pertama"
Hikmah-hikmah kematian yang saya juga termasuk dalam nasehat kata-kata mutiara islami.
Rasulullah Saw bersabda : "Jika ada yang meninggal di antara kamu, maka dilasanakan kiamatnya. Maka sembahlah Allah seperti halnya kamu melihat-Nya, dan mintalah ampun pada-Nya setiap saat." (Kanzul Ummal, H.42748).
"Kematian! kematian! harus ingatlah akan kematian, kematian akan datang, datang bersama ruh, kedamaian dan kejadian indah menuju surga yang tinggi bagi penghuni rumah keabadian, yaitu orang-orang yang melakukannya dan menginginkannya. Dan kematian datang dengan kesusahan, penyesalan dan kejadian buruk menuju Neraka membara bagi penduduk rumah kebohongan, yaitu orang-orang yang melakukannya dan menginginkannya. (Al-Kahfi :3/257/27)
Kata-kata mutiara islami dari Imam Ja'far Shodiq a.s berkata : " Yang paling ditakutkan oleh seorang hamba adalah tiga tempat :
1. Hari dia dilahirkan, keluar dari perut ibunya dan melihat dunia
2. Hari kematiannya maka dia melihat akhirat dan penduduknya
3. Dan hari dia dibangkitkan dan melihat hukum-hukum yang belum pernah dilihatnya di dunia." ('Uyunul Akhbar Ridho : 1/257/11) Kata-kata Imam Ali Zainal Abidin a.s : " Waktu-waktu yang paling menyulitkan anakadam ada tiga :
*. Waktu dia melihat malaikat maut
*. Waktu dia bangkit dari kuburnya
*. Dan waktu dia berdiri di hadapan Allah, maka bisa surga dan bisa juga neraka."
Kata-kata mutiara tentang tobat kepada Allah SWT. Taubat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap hamba Allah, dengan tobat maka dosa-dosa akan berguguran. Dengan tobat hati akan merasa tentram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar