Google+ Followers

Jumat, 16 November 2012

makna huruf muharam

HAKEKAT DAN KEUTAMAAN BULAN SURO
Bulan muharram merupakan salah satu bulanPertama Untuk Agama Islam pada Kalender tahun Hijriah. Pada bulan Muharram atau lebih di kenal dengan bulan Aasyura ( suro dalam istilah jawa).Makna bulan muharram adalah sebagai berikut, Bulan Muharam terdiri atas 4 huruf, yaitu min, ha, ra, mim danyang terakhir mim.
A. Mim, ini mengandung makna tersendiri yaitu mujahadatun nafsi memerangi hawa nafsu).
B. Ha, Hifdzul Hurmati (menjaga kehormatan)
C. Ra, Rodiyallah (Ridho Allah).
D. Mim, Mahabbatullah (Mencintai Allah)
Berikut Keutamaan Bulan Muharam di banding dengan bulan lainnya :
Abdullah Ibnu Abbas ra. mengatakan maksiat yang dilakukan di bulan haram adalah lebih besar dosanya dan amal baik yang dilakukan di bulan haram adalah lebih besar pahalanya. (Tafsir At-Thabari)
Al Allamah Ibnu Hajar menulis, telah meriwayatkan oleh Abi Daud bahawa Nabi (صلى الله عليه وسلم) memandubkan (yakni SUNAT) berpuasa di BULAN-BULAN HARAM .
Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah s.a.w. bersabda, "Puasa yang paling utama sesudah puasa bulan Ramadan ialah puasa dibulan Muharram". (HR Muslim no. 1163)
Allah berfirman, ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, danketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (At-Taubah: 36)
Nabi saw. bersabda, “Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan suci. Tiga bulan berturut-turut iaitu Zulkaedah, Zulhijjah dan Muharram. Dan satu bulan lagi adalah Rejab yang terletak antara Jamadil Akhir dan Sya’ban.” (HR Muslim no. 1679)
Dan berikut Keutamaan Puasa 10 Muharam
Dari Ibnu Abbas r.a berkata Rasulullah S.A.W bersabda : “Barang siapa yang berpuasa pada hari Aasyura (10 Muharram) maka Allah S.W.T akan memberi kepadanya pahala 10,000 malaikat dan barang siapa yang berpuasa pada hari Aasyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10,000 orang berhaji dan berumrah, dan 10,000 pahala orang mati syahid, dan barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah S.W.T akan menaikkan dengan setiap rambut satu darjat. Dan barang siapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari Aasyura, maka seolah-olahdia memberi makan pada seluruh ummat Rasulullah S.A.W yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.”
Selamat tahun baru Muharram 1433 H semoga langkah kedepannya lebih bermaknauntuk dunia dan akherat ,, aminnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar